Lima Kelebihan dan Kekurangan Beton Ready Mix yang Perlu Anda Tahu

Untuk mengetahui sebuah produk itu efektif atau tidak untuk kita gunakan tentunya kita perlu tahu apa kelebihan dan kekurangan suatu produk tersebui sebagaimana halanya produk Beton Ready Mix. Berikut ini Kami akan memberikan informasi kelebihan beton ready mix serta kekurangan beton ready mix sebelum Anda ingin menggunakan produk ini.

Kelebihan dan Kekurangan Beton Ready Mix
Kelebihan dan Kekurangan Beton Ready Mix

Perlu diketahui juga, secara umum produk beton ready mix di Indonesia mengacu pada standar Peraturan Beton Indonesia (PBI) yang mengacu pada Standar Eropa Lama. Standar SNI biasanya digunakan untuk pedoman tercapainya kesamaan mutu beton tersebut. Contoh paling terlihat yaitu Penentuan Satuan Mutu oleh Beton Ready Mix adalah K(karakteristik).

Penggunaan Benda Uji yang dipakai industri beton ready mix yaitu berbentuk KUBUS 15 cm x 15 xm x 15 cm, dengan satuan pengujian Kuat tekan yaitu K = kg/cm2. Misal Mutu Beton K 225 = Kuat Tekan 225 kg/cm

Jika pada Standar SNI, pengujian sample beton dilakukan dengan dengan benda uji berbentuk Tabung / SILINDER Diameter 15 cm x tinggi 30 cm, dengan satuan pengujian kuat tekan yaitu fc = MPa. Misal Mutu Beton fc 20 = Kuat Tekan 20 Mpa.

Itulah sekilas saja tidak ada hal yang berkaitan dengan kelebihan dan kekurangan beton ready mix.

Selanjutnya berikut ini akan Kami paparkan Kelebihan dan Kekurangan Beton Ready Mix Untuk Anda.

Kelebihan Beton Ready Mix

  1. Beton Ready Mix Lebih Praktis
    diproduksi dari Batching Plant(tempat Produksi beton), dan dikirim oleh mobil mixer, dihadirkan langsung dalam keadaan segar dan siap diaplikasikan ke struktur bangunan.
  2. Hemat Tenaga
    Tidak perlu pengolahan lagi dilokasi dan siap pakai.
  3. Hemat Biaya
    Jika pekerjaan beton anda lebih dari 5 Kubik, akan lebih hemat biaya menggunakan beton ready mix dibandingkan pembuatan beton Konvensional (cara manual menggunakan tenaga manuasia semua). Baca Juga: Harga Beton Cor Siap Pakai Terbaru
  4. Pekerjaan Konstruksi Lebih Cepat
    Dengan memakai beton ready mix pada struktur bangunan atau jalan yang besar, akan lebih efektif dalam waktu pengerjaan.
  5. Mutu Lebih Terjamin
    Beton Ready mix pada proses pembuatan melibatkan beberapa standar konstruksi, Tenaga Ahli Beton, dan Quality Control yang mengecek sebelum dikirim ke proyek.

Kekurangan Beton Ready Mix

  1. Pengerjaan Harus Cepat
    Beton Ready mix yang diangkut oleh mobil mixer biasanya membawa 3–7 m3 per mobil, mutu beton akan dapat bertahan hingga 2 jam. Jika pengerjaan lebih dari 2 jam maka mutu beton akan turun dan setelah 4 jam akan mulai beku dan tidak dapat digunakan lagi.
  2. Ada Minimum Order
    Minimum order beton ready mix yaitu : 5 M3 untuk mobil besar, minimum order untuk truk kecil atau kapasitas 3 M3 yaitu 3 M3. Harga Beton Ready Mix Mobil kecil lebih mahal dibandingkan mobil besar yaitu selisih s/d 350.000 per M3 nya.
  3. Tempat Produksi Terbatas
    Batching Plant hanya berada di daerah tertentu dan biasanya hanya di kota besar dan di dekatnya.
  4. Batas Pengiriman Hanya 50 KM
    Pengiriman beton ready mix standarnya yaitu hanya 20 km, jika lebih dari itu akan dikenakan Charge per KM, dan maksimal hanya 50 KM.
  5. Sering Terkendala oleh Akses Jalan



Dengan ukuran yang sebesar itu, maka Akses jalan harus lebih lebar, namun jika masih bisa dilalui oleh truk kecil tapi juga terkendala oleh harganya lebih mahal 350.000 Per M3.

Selain itu mobil beton memiliki beban yang berat, terkadang jika kontur jalan labil dapat mengakibatkan Ambles, dan akan lebih repot karena muatan harus dibuang terlebih dahulu agar bisa keluar dari amblesan.

Beban yang berat juga dapat merusak jalan, jika jalan tersebut tidak kuat menahan.
Mobil Besar memiliki Bobot isi hingga 25 Ton
Mobil Kecil memiliki bobot isi hingga 15 Ton
Itulah tadi 5 Kelebihan dan Kekurangan Beton Ready Mix pada umumnya. Terima kasih telah membaca artikel kami.

Kurang dan lebihnya kami mohon maaf dan maklum. Baca TIps dan Info Lainnya di Laman utama Kami di Burmix


Concrete Education For All people
© Burmix. All rights reserved. Developed by Jago Desain