Mutu Beton Yang Cocok Untuk Dak Rumah

Kebutuhan rumah bertingkat tak lepas dari beton sebagai bahan penunjang. Untuk itu jika Anda memiliki hunian pastinya ingin yang berkualitas bukan? Pelajari Mutu Beton Yang Cocok Untuk Rumah dibawah ini.

Mutu Beton yang cocok untuk dak rumah

Beton memiliki beberapa kategori kualitas, mulai dari kualitas rendah, sedang, hingga mutu tinggi. Setiap mutu berguna untuk jenis bangunan tertentu. Untuk rumah tidak cocok menggunakan mutu yang rendah karena rumah bertingkat terdiri dari struktur beton bertulang.

Mutu Beton Kelas III menurut SNI adalah tipe yang cocok untuk cor dak rumah. Karena beton tersebut ditujukan untuk struktur beton bertulang.

Berikut ini Beberapa jenis mutu beton kelas III yang bisa Anda jadikan pedoman dalam memilih mutu beton untuk dak rumah.

Mutu Beton Kelas III Untuk Dak Rumah

Mutu Beton umumnya ditentukan dengan simbol K=kg/cm. Hal ini merujuk pada Peraturan Beton Indonesia. Kadang digunakan juta simbol f'c=Mpa. Tak usah hiraukan masalah itu ketika Anda hendak membuatnya secara mandiri. Intinya ini adalah mutu beton yang direkomendasikan oleh SNI.
  • K 250 
Mutu beton ini adalah mutu beton yang pas untuk konstruksi dak rumah. Mutu ini tidak lebih keras daripada mutu diatas nya. Ini cocok bagi Anda yang ingin membuat dak rumah yang mungkin nanti ingin membuat lubang apabila ingin membuat jaringan kabel. Mutu ini juga sudah distandarkan oleh beberapa tehnik sipil
  • K 300
Mutu Beton K 300 untuk rumah termasuk yang berkualitas bagus. Karena lebih tinggi dari K 250. Mutu ini juga cocok untuk tulangan pada kolom beton rumah 2 lantai. sloof, dan balokan atas.
  • K 350
Mutu ini digunakan untuk pondasi tapak rumah hingga lantai 3. Ia juga digunakan untuk struktur tulangan kolom, dimana kolom/tiang harus kuat untuk menahan beban dak rumah.

Beberapa produsen beton ready mix menggunakan mutu beton K-225 untuk standar dak rumah. Hal ini sudah dilakukan proses trial mix oleh ilmuwan beton atau ahli beton berdasarkan pengujian lab. Jadi, tak perlu khawatir ketika Anda membeli beton ready mix.

Namun apabila ingin membuat beton manual atau mandiri, kami sarankan menggunakan desain beton  K250-K350. Selanjutnya kami sarankan juga menggunakan mesin molen agar beton yang dibuat lebih tercampur dengan baik. Karena tangan manusia terkadang sulit diprediksi ketika mengaduk beton dengan waktu yang lama.

Tabel Mutu Beton SNI DT 91-0008-2007

K 250 K 300 K 350
Semen 384 kg Pasir 692 kg Kerikil 1039 kg
Semen 413 kg Pasir 681 kg Kerikil 1021 kg
Semen 448 kg Pasir 667 kg Kerikil 1000 kg
  • Berat Pasir dalam 1 Kubik 1600 kg
  • Berat Kerikil/Split 1800 kg
  • Air untuk semua mutu yaitu 215 liter
Itulah tadi beberapa kriteria mutu beton yang cocok untuk dak rumah yang dapat kami sampaikan. Lihat artikel kami lainnya di laman utama Burmix 
Concrete Education For All people
© Burmix. All rights reserved. Developed by Jago Desain