Beton Ready Mix - Sejarah dan Segala Halnya

Beton secara umum dibuat dari material semen, pasir, kerikil/split, dan air dengan takaran yang sesuai dengan panduan umum teknik sipil untuk mencapai mutu yang dikehendaki. Lalu apa itu beton ready mix? Berikut ini penjelasannya..
Beton Ready Mix


💧     💧     💧


Pengertian Beton Readymix

Beton Readymix adalah beton cair siap pakai yang dibuat dipabrik (batching plant) menggunakan mesin berteknologi dengan sistem komputerisasi lalu diangkut menggunakan truk mixer khusus untuk kemudian dikirim ke proyek dan tanpa perlu proses pengolahan lagi.

Proses pembuatan beton ready mix terdiri dari pemilihan material, penempatan material di storage, pengangkutan melalui conveyor, dan proses mixing dengan beberapa tombol kontrol oleh operator dirumah produksi.

Setelah proses pencampuran material, selanjutnya diturunkan ke mobil readymix, untuk kemudian dilakukan penambahan air dan dilakukan putaran oleh mobil beton untuk menyelesaikan proses pencampuran secara sempurna dan beton siap dikirim ke pelanggan.
Berikut ilustrasinya


Awal Mula Ready Mix di Indonesia

Beton Ready Mix pertama kali dikenalkan di Indonesia pada tahun 1972 oleh perusahaan PT Jaya Readymix dengan brandnya yaitu "Jayamix" yang pada tahun 2012 telah berganti menjadi "Jayamix By SCG" karena telah diakuisisi oleh PT Siam Cement Group perusahaan bahan konstruksi terbesar asal Thailand dan saat ini masih terus beroperasi dengan lebih dari 600 truk molen beton dengan 50 cabang batching plant yang tersebar di berbagai kota di Indonesia.

PT Jaya Ready Mix Sebagai perusahaan yang lebih dahulu memperkenalkan produk beton ready mix dengan brand nya yaitu Jayamix. Masyarakat Indonesia pun sampai 'latah' menyebut produk ini dengan nama jayamix. Sebagaimana perusahaan air mineral pertama di Indonesia yakni Aqua. Dimana, ketika hendak membeli produk air minum kemasan sering kita menyebut dengan aqua.

Keberadaan beton ready mix terus meningkat seiring perkembangan pembangunan yang terus meningkat mulai dari bangunan infrastruktur pemerintahan, bangunan-bangunan komersil, hingga pembangunan jalan desa telah banyak menggunakan produk ini sebagai langkah percepatan pembangunan daerah nya.

Komposisi Beton Ready Mix

Secara umum material beton readymix tersusun dari semen, pasir, kerikil, dan air. Namun beberapa produsen menambahkan material yang didesain khusus untuk berbagai kebutuhan konstruksi bangunan antara lain; fly ash(abu residu pembakaran batu bara), abu batu, super plasticizer, dan admixture lainnya yang bertujuan juga untuk kepentingan efisiensi dan fungsionalitasnya.

Pada Beton Ready Mix, Anda tak perlu khawatir terhadap mutu yang dipesan, karena proses pemilihan material yang dilakukan oleh produsen telah melalui berbagai tahapan pengujian 'trial mix', selanjutnya desain acuan juga tidak sembarang asal buat, karena panduan itu telah ada pada rumusan Standa Peraturan Beton Indonesia yang mengacu pada standar Eropa lama, juga berpedoman pada SNI.

Mutu Beton Ready Mix

Ada beberapa pilihan mutu yang ditetapkan oleh produsen beton ready mix sesuai kebutuhan konstruksi. Standar umum yang digunakan dalam penetapan mutu beton yakni mengacu pada PBI (Peraturan Beton Indonesia), dimana satuan mutu yang digunakan yaitu K=kg/cm2.

Berikut ini kategori mutu dan kegunaannya:
  1. Mutu Beton Ready Mix untuk Konstruksi Non Struktural
    Untuk kebutuhan lantai kerja/lc, Jalan Desa, Pondasi pagar panel beton, dll.
    Terdiri dari; K 100/B Nol, K 125, K 150, K 175, dan K 200
  2. Mutu Beton Ready Mix untuk Konstruksi Struktural
    Ditujukan untuk berbagai jenis konstruksi beton bertulang ddiantaranya; dak beton, jembatan, kolam renang, dst.
    Terdiri dari; K 225, K 250, K 275, K 300, dan K 350
  3. Mutu Beton Ready Mix Untuk Heavy Duty
    Ditujuakn untuk Jalan Negara, Toll, Pondasi Mesin, Kawasan Industri dan Semacamnya.
    Terdiri dari; K 400, K 450, K 500, dan K 600
Beberapa produsen juga menggunakan mutu yang lebih tinggi, namun tidak bersifat retail melainkan harus ada beberapa request dan trial mix untuk mendapatkannya. Antara lain mutu; K 700, K 800, dan K 1000. Beton dengan kebutuhan khusus ini harus dibawah kontrol oleh ahlinya dalam pengerjaan.

Kelebihan dan Kekurangan Beton Ready Mix

Molen Beton Read Mix


Dibandingkan beton yang dibuat secara manual, beton readymix memiliki beberapa keunggulan antara lain:
  1. Beton hadir dalam kondisi siap pakai tanpa perlu pengolahan
  2. Kualitas terjamin sesuai standar yang berlaku
  3. Hemat Biaya, Waktu, dan Tenaga
  4. Dapat dibeli kapan saja
  5. Tersedia dalam jumlah besar
  6. Tak perlu repot menyiapkan bahan material
Selain kelebihan yang menarik, beton ready mix juga mempunyai beberapa kelemahan antara lain:
  1. Perlu akses jalan yang besar untuk masuk ke area lokasi
  2. Pengerjaan harus cepat, maksimal 4 jam untuk mutu non struktural dan struktural dan 2 jam untuk mutu beton heavy duty atau mutu tinggi
  3. Harus dibeli dengan minimum order yaitu 5 M3 
  4. Hanya berada dikota-kota atau didaerah dengan penduduk padat
  5. Jarak normal maksimal hanya 30 KM dari tempat produksi
Akses jalan memang tidak mudah dilalui oleh truk beton ready mix, Selain itu dengan beban yang berat mobil ini sering terkendala pada jalan urugan. Kapasitas mobil beton ready mix terdiri atas 2 macam yakni mobil kecil dan mobil besar.

Bagi Anda yang mempunyai akses jalan yang kecil atau jalan yang dapat dilalui truk engkel roda enam, hal in masih bisa dilalui namun dengan harga yang lumayan mahal selisih 350rb dengan mobil besar.

Sebagai informasi, berikut ini kami lampirakan estimasi biaya beton ready mix yang saat ini dipasarkan oleh beberapa Insdustri beton ready mix di Indonesia.

Daftar Harga Beton Ready Mix 2021

MUTU
HARGA TRUK STANDAR /m3HARGA TRUK KECIL /m3
Beton Ready Mix K 100/B-NolIDR 700.000IDR 960.000
Beton Ready Mix K 125IDR 720.000IDR 980.000
Beton Ready Mix K 150IDR 740.000IDR 1.000.000
Beton Ready Mix K 175IDR 760.000IDR 1.020.000
Beton Ready Mix K 200IDR 780.000IDR 1.130.000
Beton Ready Mix K 225IDR 800.000IDR 1.150.000
Beton Ready Mix K 250IDR 820.000IDR 1.170.000
Beton Ready Mix K 275IDR 840.000IDR 1.180.000
Beton Ready Mix K 300IDR 860.000IDR 1.200.000
Beton Ready Mix K 350IDR 900.000IDR 1.250.000
Beton Ready Mix K 400IDR 950.000IDR 1.300.000
Beton Ready Mix K 450IDR 1.000.000IDR 1.400.000
Beton Ready Mix K 500IDR 1.100.000IDR 1.500.000
Beton Ready Mix K 600IDR 1.200.000IDR 1.600.000

Keterangan Harga:
  • Harga ini untuk wilayah Jabodetabek
  • Harga umum untuk semua produsen, bisa saja berubah karena jumlah pemesanan
  • Harga Sudah termasuk Pajak Ppn 10%
  • Zona jangkauan berlaku bagi setiap produsen

Alat Bantu dalam Penegerjaan Beton Ready Mix

Pengerjaan beton ready mix seringkali dibatasi oleh waktu, karenanya harus ada alat bantu dalam pengerjaan beton ini agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Selain itu juga, alat bantu ini dapat membantu Anda mengerjakan pekerjaan beton bertingkat yang mungkin jika dikerjakan dengan tehnik estafet dapat memperlama kerjaan. Berikut alat tersebut dan juga deskripsinya.

1. Alat Pompa Beton

Alat ini berfungsi mentransfer beton dengan sistem hidaulik. Persiapan dalam penggunaan alat ini yaitu: Semen 2 sak, pasir 20 ember, dan air yang senantiasa mengalir ketika dibutuhkan. 
Alat ini dapat bekerja dalam 1 jamnya bisa mentransfer beton ready mix hingga 30-50 M3. Untuk proyek skala besar, alat ini sangat penting digunakan, disisi lain juga penting bagi bangunan rumah bertingkat agar lebih cepat dalam pekerjaan cor beton.

alat pompa beton ready mix

2. Vibrator Beton

Vibrator adalah alat penggetar beton yang bekerja untuk memadatkan beton yang dituang dipermukaan bekisting. Alat ini sangat penting digunakan untuk struktur tulangan pilar/kolom cor, balokan, dan pondasi beton.
Vibrator Beton Ready Mix

3. Trowel Beton

Finishing adalah hal yang penting juga untuk beton ready mix agar beton lebih rata dan rapih setelah diaplikasikan. Sayangnya tenaga manusia terkadang tak bisa diharapkan dalam hal tingkat kerapihan tinggi. Untuk itulah mesin ini dibuat sebagai bagian dari alat bantu beton ready mix.

Alat Bantu Finishing Beton Ready Mix

Pengerjaan oleh alat ini dilakukan 3 jam setelah beton ready mix dituang kepermukaan cor. Alat ini bersifat opsional, biasanya penggunaannya untuk lapangan olahraga, gudang, dan proyek lantai skala besar.

Penutup

Beton Ready Mix saat ini menjadi hal yang pokok untuk berbagai konstruksi bangunan. Sudah sejak 1972 beton ready mix digunakan di Indonesia dengan nama Jayamix yang kemudian populer di masyarakat Indonesia.

Mutu Beton Ready Mix tak perlu dipertanyakan lagi, karena proses pembuatan banyak melibatkan ahli beton dengan standar yang berlaku di Indonesia. Material penyusun beton adalah material yang berkualitas yang sesuai dengan standar internasional. Banyak pilihan mutu yang dapat Anda gunakan untuk berbagai keperluan konstruksi bangunan.

Walaupun terkadang produk ini memiliki kelemahan terhadap pendistribusian, namun bagi Anda yang berada pada akses yang jalan yang memadai bisa menggunakan produk ini. Harga Beton Ready Mix dalam lampiran harga juga dapat diketahui bahwa pembuatan jumlah besar akan menghemat pembuatan konstruksi bangunan skala menengah.

Alat bantu pendukung beton ready mix agar efektif juga banyak tersedia tergantung situasi dan kondisi lapangan. Konsultasi kepada marketing produk ini diperlukan agar Anda mendapatkan informasi lebih lanjut.

Demikianlah artikel tentang beton ready mix ini, semoga dapat bermanfaat untuk Anda. Saran dan Kritik positif Anda dapat Anda sertakan pada kolom komentar kami.

Apabila Artikel ini membantu Anda mendapat wawasan, 
Mohon share informasi ini. Terima Kasih 🙏


Concrete Education For All people
© Burmix. All rights reserved. Developed by Jago Desain